PERSIDANGAN BANDING
BANDING DI PENGADILAN PAJAK
I. Apa yang perlu diketahui tentang
Banding di Pengadilan Pajak
- Keputusan adalah suatu penetapan tertulis dibidang perpajakan yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang bedasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan dan dalam rangka pelaksanaan UU Penagihan Pajak dengan Surat Paksa.
- Sengketa Pajak adalah sengketa yang timbul dalam bidang perpajakan antara Wajib Pajak atau penanggung Pajak dengan pejabat yang berwenang sebagai akibat dikeluarkannya keputusan yang dapat diajukan banding atau gugatan kepada Pengadilan Pajak berdasarkan peraturan perundang-undangan perpajakan, termasuk gugatan atas pelaksanaan penagihan berdasarkan UU Penagihan Pajak dengan Surat Paksa.
- Banding adalah upaya hukum terhadap suatu keputusan pejabat yang berwenang sepanjang diatur dalam peraturan perundang-undangan perpajakan yang bersangkutan.
- Surat Uraian Banding adalah surat Terbanding kepada Pengadilan Pajak yang berisi jawaban atas alasan banding yang diajukan oleh pemohon banding.
- Surat Bantahan adalah surat dari pemohon banding kepada Pengadilan Pajak yang berisi bantahan atas surat uraian banding atau surat bantahan.
- Tanggal terima adalah tanggal stempel Pos pengiriman, tanggal faksimilie atau dalam hal diterima secara langsung adalah pada saat surat atau Putusan diterima secara langsung.
II. Syarat Pengajuan Surat Banding
- Harus diajukan dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak tanggal diterima Keputusan yang dibanding, kecuali diatur lain dalam peraturan perundang-undangan perpajakan.
- Terhadap 1 (satu) Keputusan diajukan 1 (satu) Surat Banding.
- Banding diajukan dengan disertai alas an-alasan yang jelas, dan dicantumkan tanggal tanggal terima surat keputusan yang dibanding.
- Pada Surat Banding dilampirkan Salinan Keputusan yang disbanding.
- Banding hanya dapat diajukan apabila besarnya jumlah pajak yang terutang dimaksud telah dibayar sebesar 50% lima puluh persen) dengan melampirkan Surat Setoran Pajak (SSP) atau Pemindah Bukuan (Pbk).
III. Pemprosesan Surat Banding
- Banding diajukan dengan Surat Banding dalam Bahasa Indonesia kepada Pengadilan Pajak.
- Ditujukan kepada Pengadilan Pajak dengan melampirkan a. Salinan keputusan yang dibanding b.Bukti pembayaran sebesar 50 % dari pajak yang terutang yang dibanding Data dan bukti-bukti pendukung (SKP, Surat Permohonan Keberatan, SPT, Laporan Keuangan dll.
- Pemohon Banding dapat melengkapi bandingnya untuk memenuhi ketentuan yang berlaku sepanjang masih dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak diterima Keputusan yang dibanding.
- Paling lambat 14 (empat belas hari) sebelum persidangan dimulai, Pemohon Banding mendapat pemberitahuan sidang.
IV. Siapa yang mengajukan Banding
- Banding dapat diajukan oleh Wajib Pajak, ahli warisnya, seorang pengurus atau kuasa hukumnya.
- Apabila selama proses Banding, pemohon Banding meninggal dunia, Banding dapat dilanjutkan oleh warisnya, kuasa hukum dari ahli warisnya, atau Pengampunya dalam hal pemohon Banding Pailit.
- Apabila selama proses Banding pemohon Banding melakukan penggabungan, peleburan, pemecahan / pemekaran usaha, atau likuidasi, permohonan dimaksud dapat dilanjutkan oleh pihak yang menerima pertanggungjawaban karena penggabungan, peleburan, pemecahan/pemekaran usaha, atau likuidasi dimaksud.
- Pemohon Banding dapat melengkapi Surat Bandingnya untuk memenuhi ketentuan yang berlaku sepanjang masih dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak diterima keputusan yang dibanding.
- Pemohon Banding dapat memasukkan Surat Bantahan dalam jangka waktu 30 (tiga puluh hari) sejak tanggal terima salinan Surat Uraian Banding.
- Dapat hadir dalam persidangan guna memberikan keterangan lisan atau bukti-bukti yang diperlukan sepanjang memberitahukan kepada Ketua Pengadilan Pajak secara tertulis.
- Dapat hadir dalam sidang Pembacaan Putusan.
- Dapat didampingi atau diwakili oleh Kuasa Hukum yang telah terdaftar/mendapat ijin Kuasa Hukum dari Ketua Pengadilan Pajak.
- Dapat meminta kepada Majelis kehadiran saksi.
VI. Pencabutan Banding
- Terhadap Banding dapat diajukan surat pernyataan pencabutan kepada Pengadilan Pajak.
- Banding yang dicabut tersebut, dihapus dari daftar sengketa melalui penetapan Ketua dalam hal surat pernyataan pencabutan diajukan sebelum sidang dilaksanakan dan putusan Majelis.Hakim Tunggal melalui pemeriksaan dalam hal surat pernyataan pencabutan diajukan dalam siding atas persetujuan terbanding.
- Banding yang telah dicabut melalui penetapan atau putusan tersebut, tidak dapat diajukan kembali.
VII. Pengecualian
- Pengajuan Banding dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan tidak mengikat apabila dalam jangka waktu dimaksud tidak dapat dipenuhi karena keadaan diluar kekuasaan pemohon banding.
- Pemohon Banding tidak harus melampirkan bukti pembayaran 50 % pajak yang terutang, sepanjang Banding diajukan atas Surat Ketetapan Pajak Nihil (SKPN) atau Surat Ketetapan Pajak Lebih Bayar (SKPLB).
VIII. Hal-hal lain yang perlu diketahui
- Pengadilan Pajak meminta Surat Uraian Banding kepada Terbanding dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari sejak tanggal diterima Surat Banding lengkap.
- Dalam hal pemohon banding melengkapi surat atau dokumen susulan, jangka waktu 14 hari dihitung sejak tanggal diterimanya surat atau dokumen susulan dimaksud.
- Terbanding menyerahkan Surat Uraian Banding kepada Pengadilan Pajak dalam jangka waktu 3 (tiga) bulan sejak tanggal dikirim Permintaan Surat Uraian Banding.
- Salinan Surat Uraian Banding oleh Pengadilan Pajak dikirimkan kepada Pemohon Banding dalam jangka waktu 14 hari sejak tanggal diterima.
- Pemohon Banding memberikan tanggapan/bantahan atas Surat Uraian Banding yang diterimanya dalam jangka waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal dikirim permintaan Surat Bantahan.
- Meskipun Terbanding atau Pemohon Banding tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud angka 3 dan 5, Pengadilan Pajak tetap melanjutkan pemeriksaan banding.
Dasar Hukum
Pasal 1, 35, 36, 37, 38, 39, 44, 45 Undang- Undang Nomor 14
Tahun 2002 tentang Pengadilan Pajak.
PERSIAPAN
PERSIDANGAN
Dasar
Hukum : Pasal 44, 45 & 48
1.
|
Pengadilan
Pajak meminta Surat Uraian Banding atau Surat Tanggapan atas Surat Banding
atau Surat Gugatan kepada terbanding atau tergugat dalam jangka waktu 14
(empat belas) hari sejak tanggal diterima Surat Banding atau Surat Gugatan.
|
|
2.
|
Dalam
hal pemohon Banding mengirimkan surat atau dokumen susulan kepada Pengadilan
Pajak, jangka waktu 14 (empat belas) hari dihitung sejak tanggal diterima surat
atau dokumen susulan dimaksud.
|
|
3.
|
Terbanding
atau tergugat menyerahkan Surat Banding atau Surat Tanggapan dalam jangka
waktu :
|
|
a.
|
3
(tiga) bulan sejak tanggal dikirim permintaan Surat Uraian Banding; atau
|
|
b.
|
1
(satu) bulan sejak tanggal dikirim permintaan Surat Tanggapan.
|
|
4.
|
Salinan
Surat Uraian Banding atau Surat Tanggapan oleh Pengadilan Pajak dikirim
kepada pemohon Banding atau penggugat dalam jangka waktu 14 (empat belas)
hari sejak tanggal diterima.
|
|
5.
|
Pemohon
Banding atau penggugat dapat menyerahkan Surat Bantahan kepada Pengadilan
Pajak dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal diterima salinan
Surat Uraian Banding atau Surat Tanggapan.
|
|
6.
|
Salinan
Surat Bantahan dikirimkan kepada terbanding atau tergugat, dalam jangka waktu
14 (empat belas) hari sejak tanggal diterima Surat Bantahan.
|
|
7.
|
Apabila
terbanding atau tergugat, atau pemohon Banding atau penggugat tidak memenuhi
ketentuan di atas, Pengadilan Pajak tetap melanjutkan pemeriksaan Banding
atau Gugatan.
|
|
8.
|
Majelis
/ Hakim Tunggal sudah mulai bersidang dalam jangka waktu 6 (enam) bulan sejak
tanggal diteriamnya Surat Banding.
|
|
9.
|
Dalam
hal Gugatan, Majelis / Hakim Tunggal sudah memulai sidang dalam jangka waktu
3 (tiga ) bulan sejak tanggal diterima Surat Gugatan.
|
BAGAIMANA CARA MENJADI KUASA HUKUM
DI PENGADILAN PAJAK
I. Pengertian
Kuasa Hukum adalah orang perseorangan yang telah mendapat
izin menjadi Kuasa Hukum dari Ketua Pengadilan Pajak dan memperoleh surat kuasa
khusus dari pihak-pihak yang bersengketa untuk dapat mendampingi dan/atau
mewakili mereka dalam bepekara pada Pengadilan Pajak.
II. Syarat menjadi Kuasa Hukum
Untuk dapat menjadi Kuasa Hukum, orang perorangan harus
memenuhi persyaratan sebagai berikut:
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- 2.Memilki izin Kuasa Hukum;
- Memiliki Surat Kuasa Khusus yang asli dari pihak yang bersengketa;
- Memiliki pandangan luas dan keahlian tentang peraturan perundang-undangan di bidang perpajakan;
- Berijazah Sarjana atau Diploma IV dari perguruan tinggi yang terakreditasi;
- Berkelakuan baik, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB) dari POLRI atau instansi yang berwenang;
- Mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
III. Prosedur Permohonan Surat Kuasa
Hukum
Untuk dapat memiliki izin Kuasa Hukum, orang perorangan
harus menyampaikan permohonan secara tertulis dengan mengisi formulir
permohonan yang harus dilampiri dengan:
- Daftar Riwayat Hidup yang tersedia;
- Foto kopi KTP WNI yang telah dilegalisir;
- Foto kopi ijazah Sarjana atau Diploma IV yang telah dilegalisir;
- Foto kopi tanda bukti pengetahuan yang luas dan keahlian di bidang perpajakan;
- Foto kopi NPWP yang telah dilegalisir;
- Asli SKKB dari POLRI atau instansi yang berwenang;
- Pas foto terakhir 2x3 cm sebanyak 2 lembar.
IV. Tanda Bukti Pengetahuan yang
Luas dan Keahlian
Pengetahuan
yang luas dan keahlian dibuktikan dengan melampirkan:
- Foto kopi Ijazah/Sertifikat Brevet Pajak atau Ijazah/Sertifikat Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) dari lembaga yang terakreditasi yang telah dilegalisir;
- Foto kopi Surat Izin Konsultan Pajak yang telah dilegalisir;
- Sertifikat Diploma III Pajak/Kepabeanan dan Cukai/Akuntansi atau yang dipersamakan dari lembaga yang terakreditasi yang telah dilegalisir.
V. Masa Berlaku Izin Kuasa Hukum
- Keputusan Ketua Pengadilan Pajak tentang Izin Kuasa Hukum berlaku untuk jangka waktu 12 (dua belas) bulan terhitung sejak tanggal ditetapkan.
- Dalam hal jangka waktu 12 (dua belas) bulan telah lewat, kuasa hukum dapat mengajukan permohonan perpanjangan izin kuasa hukum.
VI.
Perpanjangan Izin Kuasa Hukum
Orang perorangan dapat mengajukan perpanjangan izin kuasa
hukum secara tertulis sebelum berakhir jangka waktu masa berlakunya dengan
mengisi formulir permohonan yang dilampiri:
- Daftar Riwayat Hidup yang terbaru;
- Asli Keputusan Ketua Pengadilan Pajak tentang Izin Kuasa Hukum;
- Asli Kartu Tanda Pengenal Kuasa Hukum;
- Foto kopi KTP WNI yang telah dilegalisir;
- Pas foto terakhir ukuran 2x3 cm sebanyak 2 lembar;
- Foto kopi NPWP yang telah dilegalisir;
- Asli SKKB dari POLRI atau instansi yang berwenang.
VII. Pengecualian
- Persyaratan untuk dapat menjadi Kuasa Hukum tidak diperlukan dalam hal yang mendampingi atau mewakili pemohon banding atau penggugat adalah keluarga sedarah atau semenda sampai dengan derajat kedua, pegawai atau pengampu.
- Seseorang yang baru pertama kali mendampingi atau mewakili Pemohon Banding/Penggugat, meskipun belum terdaftar atau memperoleh izin sebagai Kuasa Hukum, namun dalam sidang berikutnya harus sudah terdaftar atau memperoleh izin sebagai Kuasa Hukum dari Ketua Pengadilan Pajak.
VIII.
Hal-hal Lain yang Perlu Diketahui
- Kuasa Hukum yang hadir di persidangan diwajibkan:
a. Menunjukkan Surat
Keterangan Terdaftar atau Surat Izin sebagai Kuasa Hukum dari Pengadilan Pajak;
b. Menunjukkan Surat Kuasa
asli bermeterai dari pihak yang diwakili atau didampingi.
- Surat persetujuan dari Ketua Pengadilan Pajak untuk menjadi Kuasa Hukum diberikan dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari sejak persyaratan izin Kuasa Hukum lengkap diterima di Sekretariat Pengadilan Pajak 3
- Pihak-pihak yang bersengketa masing-masing didampingi atau diwakili oleh satu atau lebih kuasa hukum dengan Surat Kuasa Khusus .
- Kuasa Hukum dapat memberi kuasa untuk mewakilinya dalam suatu persidangan hanya kepada kuasa hukum lainnya. 5.Surat Izin Kuasa Hukum berlaku di semua majelis Pengadilan Pajak disertai dengan Surat Kuasa Asli dari pihak yang didampingi atau diwakili .
Dasar Hukum
- Pasal 34 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2002 tentang Pengadilan Pajak.
- Pasal 1, 2, 5, 6, 8, 9, 11, 16, 17, 18, 19, 20 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 06/PMK.01/2007 tentang Persyaratan Untuk Menjadi Kuasa Hukum Pada Pengadilan Pajak.
Dasar Hukum Pendukung
Keputusan Menteri Keuangan No. 485/KMK.03/2003 tentang
Konsultan Pajak Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri
Keuangan No. 98/PMK.03/2005.
PEMBUKTIAN DAN SANKSI DALAM SIDANG
DI PENGADILAN PAJAK
I. Pengertian
Bukti yang sah adalah bukti yang telah dilunasi Bea
Materainya sesuai dengan Pasal 11 ayat (1) UU No.1 3 tahun 1985.
II. Pembuktian
- Alat bukti dapat berupa:
- Surat atau tulisan
- Keterangan ahli;
- Keterangan para saksi;
- Pengakuan para pihak; dan/atau
- Pengetahuan Hakim
- Penjelasan alat bukti :
a. Surat atau tulisan
sebagai alat bukti terdiri dari :
(1)
|
Akta
autentik, yaitu surat yang dibuat oleh atau dihadapkan seorang pejabat umum,
yang menurut Peraturan perundang-undangan berwenang membuat surat
itu dengan maksud untuk dipergunakan sebagai alat bukti tentang peristiwa
hukum yang tercantum didalamnya.
|
(2)
|
Akta
di bawah tangan yaitu surat yang dibuat dan ditandatangani oleh pihak-pihak
yang bersangkutan dengan maksud untuk dipergunakan sebagai alat bukti tentang
peristiwa atau peristiwa hukum yang tercantum didalamnya.
|
(3)
|
Surat
keputusan atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Pejabat yang berwenang.
|
(4)
|
Surat-surat
lain atau tulisan yang tidak termasuk disebutkan di atas (angka 1, 2 dan 3
dalam tanda kurung) yang ada kaitannya dengan Banding atau Gugatan.
|
b. Keterangan ahli adalah
pendapat orang yang diberikan dj bawah sumpah dalam persidangan
tentang hal yang ia ketahui menurut pengalaman dan pengetahuannya.
c. Keterangan para saksi
dianggap sebagai alat bukti apabila keterangan itu berkenaan dengan hal yang
dialami, dilihat atau didengar sendiri oleh saksi.
d. Pengakuan para pihak tidak
dapat ditarik kembali kecuali berdasarkan alasan yang kuat dan dapat diterima
oleh Majelis atau Hakim Junggal.
e. Pengetahuan Hakim
adalan hal yang olehnya diketahui dan diyakini kebenarannya
III. Penyampaian Alat Bukti
- Alat bukti berupa surat atau tulisan disampaikan atas Permintaan para pihak yang bersengketa atau salah satu pihak yang bersengketa.
- Ketua Majelis/Hakim Tunggal dapat meminta alat bukti yang diperlukan dalam persidangan kepada para pihak yang bersengketa.
- Dalam hal Seorang Ahli atau Saksi memberikan alat bukti berupa keterangan tertulis maupun lisan, ia harus meng¬ucapkan sumpah atau janji dihadapan Majelis/Hakim Tunggal.
IV. Saksi
- Atas permintaan salah satu pihak yang bersengketa atau karena jabatan, Hakim Ketua dapat memerintahkan saksi untuk hadir dan didengar keterangannya dalam persidangan.
- Saksi wajib datang di persidangan dan tidak diwakilkan.
- Dalam saksi tidak datang meskipun telah dipanggil dengan patut dan Majelis dapat mengambil putusan tanpa mendengar keterangan saksi, Hakim Ketua melanjutkan persidangan.
- Apabita saksi tidak datang tanpa alasan yang dapat dipertanggung jawabkan meskipun telan dipanggil dengan patut, dan Majelis mempunyai alasan yang cukup untuk menyangka banwa saksi sengaja. tidak datang, serta Majelis tidak dapat mengambil putusan tanpa keterangan dari saksi dimaksud, Hakim Ketua dapat meminta bantuan Polisi untuk membawa saksi ke persidangan.
V. Tatacara Saksi dalam sidang :
- Saksi dipanggil ke persidangan seorang demi seorang.
- Hakim Ketua menanyakan kepada saksi identitas lengkap dan hubungan kerja dengan pemohon Banding/Penggugat atau dengan terbanding/tergugat.
- Sebelum memberi keterangan, saksi wajib mengucapkan sumpah atau janji menurut agama atau kepercayaannya.
- Pertanyaan yang diajukan kepada saksi oleh salah satu pihak disampaikan melalui Hakim Ketua.
- Apabila pertanyaan dimaksud menurut pertimbangan Hakim Ketua tidak ada kaitannya dengan sengketa, pertanyaan itu ditolak.
- Apabila Pemohon Banding atau penggugat atau saksi tidak paham Bahasa Indonesia, Hakim Ketua menunjuk ahli alih bahasa.
- Dalam hal pemohon Banding atau penggugat atau saksi ternyata bisu dan/atau tuli serta tidak dapat menulis, Hakim Ketua menunjuk orang yang pandai bergaul dengan pemohon Banding atau penggugat atau saksi, sebagai ahli alih bahasa.
- Dalam hal pemohon Banding atau penggugat atau saksi, ternyata bisu dan/atau tuli tetapi dapat menulis, Hakim Ketua dapat memerintahkan Panitera menuliskan pertanyaan atau teguran kepada pemohon Banding atau penggugat atau saksi, dan memerintahkan menyampaikan tulisan itu kepada pemohon banding atau penggugat atau saksi dimaksud, agar la menuliskan jawabannya, kemudian segala pertanyaan dan jawaban harus dibacakan.
- Saksi dan ahli alih bahasa sebagaimana dimaksud dalam angka 6,7,8 harus mengucapkan sumpah atau janji menurut agama atau kepercayaannya.
VI. Yang tidak boleh didengar
keterangannya sebagai Saksi :
- Keluarga sedarah atau semenda menurut garis keturunan lurus ke atas atau ke bawah sampai derajat ketiga dari salah satu pihak yang bersengketa.
- Istri atau suami dari pemohon Banding atau Penggugat meskipun sudah bercerai;
- Anak yang belum berusia 17 tahun; atau
- Orang sakit ingatan.
VII. Peniadaan Kewajiban Merahasiakan
Setiap orang yang karena pekerjaan atau jabatannya wajib
merahasiakan segala sesuatu berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya, untuk
keperluan persidangan kewajiban merahasiakan dimaksud ditiadakan.
Dasar Hukum
Pasal
55-76 Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2002 tentang Pengadilan Pajak
PEMERIKSAAN DALAM PERSIDANGAN
PENGADILAN PAJAK
I. Pengertian
1. Hakim Tunggal adalah hakim yang
ditunjuk untuk memeriksa dan memutus sengketa pajak dengan acara cepat.
2. Anggota Hakim adalah hakim tunggal
atau hakim dalam suatu Majelis, termasuk Hakim Ketua.
3. Hakim Ketua adalah anggota Majelis
yang ditunjuk oleh Ketua Pengadilan Pajak untuk memimpin Majelis.
4. Panitera, Wakil Panitera dan
Panitera Pengganti adalah Sekretaris, Wakil Sekretaris atau Sekretaris
Pengganti Pengadilan Pajak yang bertugas melaksanakan fungsi kepaniteraan.
5. Sengketa Pajak Tertentu adalah
Sengketa Pajak yang diajukan kepada Pengadilan Pajak yang banding atau
gugatannya tidak memenuhi syarat formal.
II. Jenis-jenis Pemeriksaan
- Pemeriksaan dengan Acara Biasa dilakukan oleh Majelis yang terdiri dari Hakim Ketua, Anggota dan Panitera dan dihadiri oleh terbanding dan apabila dipandang perlu, pemohon Banding atau penggugat atau Kuasa Hukumnya.
- Pemeriksaan dengan Acara Cepat dilakukan oleh Hakim Tunggal, dan dihadiri oleh terbanding dan apabila dipandang perlu pemohon Banding atau penggugat atau Kuasa Hukumnya.
III. Pemeriksaan dalam Pesidangan
1. Untuk keperluan pemeriksaan, Hakim
Ketua membuka persidangan dengan mengetukkan palu sebagai tanda dimulainya
persidangan dan menyatakan persidangan terbuka untuk umum.
2. Hakim Ketua dan / atau Hakim Tunggal
melakukan penelitian identitas pemohon banding dan Kuasa Hukumnya antara lain
dengan mencocokkan tanda tangan apakah pihak yang hadir sesuai dengan pihak-pihak
yang menandatangani Surat Banding tersebut.
3. Hakim Ketua dan Anggota majelis
melakukan pemeriksaan berkas perkara.
4. Dalam setiap pemeriksaan sengketa
pajak, Panitera harus membuat Berita Acara Sidang yang memuat segala sesuatu yang
terjadi dalam persidangan.
5. Berita Acara Sidang ditandatangani
oleh Hakim Ketua atau Hakim Tunggal dan Panitera.
6. Apabila Hakim Ketua atau Hakim
Tunggal dan Panitera berhalangan, Berita Acara Sidang ditandatangani oleh Ketua
Pengadilan Pajak dengan menyatakan bahwa Hakim Ketua atau Hakim Tunggal dan
Panitera berhalangan.
IV. Pemeriksaan dengan Acara Biasa
dilakukan terhadap :
Surat
Permohonan Banding yang memenuhi ketentuan formal :
- Surat Banding diajukan masih dalam tenggang waktu 3 (tiga) bulan sejak keputusan yang dibanding diterima.
- Pajak terutang telah dibayar sampai dengan 50 % (lima puluh persen) dari jumlah hutang pajaknya, dengan melampirkan bukti pembayarannya.
V. Pemeriksaan dengan Acara Cepat
dilakukan terhadap :
- Sengketa Pajak tertentu.
- Dalam hal pemohonan banding memberitahukan akan hadir dalam persidangan, Hakim Ketua memberitahukan tanggal dan hari sidang kepada pemohon banding atau penggugat, dan memanggil pemohon banding untuk menghadiri persidangan.
- Hakim Ketua menjelaskan masalah yang disengketakan kepada para pihak yang bersengketa diawal persidangan.
- Hakim Ketua menanyakan kepada terbanding mengenai hal-hal yang dikemukakan pemohon Banding dalam surat banding dan dalam surat bantahan.
- Apabila dipandang perlu Hakim Ketua dapat memanggil pemohon Banding untuk hadir dalam persidangan, guna memberikan keterangan yang diperlukan dalam rangka penyelesaian sengketa pajak.
VI. Hal-hal yang perlu diketahui :
1. Hakim Ketua memanggil terbanding dan
dapat memanggil pemohon banding atau penggugat untuk memberikan keterangan
lisan.
2. Dalam hal permohonan banding
memberitahukan akan hadir dalam persidangan, Hakim Ketua memberitahukan tanggal
dan hari sidang kepada pemohon banding atau penggugat, dan memanggil pemohon
Banding untuk menghadiri persidangan.
3. Hakim Ketua menjelaskan masalah yang
disengketakan kepada para pihak yang bersengketa diawal persidangan.
4. Hakim Ketua menanyakan kepada
terbanding mengenai hal-hal yang dikemukakan pemohon Banding dalam surat
banding dan dalam surat bantahan.
5. Apabila dipandang perlu Hakim Ketua
dapat memanggil pemohon Banding untuk hadir dalam persidangan, guna memberikan
keterangan yang diperlukan dalam rangka penyelesaian sengketa pajak.
Dasar Hukum
Pasal 1, 49, 50, 65, 67, 68 Undang-Undang Nomor 14 Tahun
2002 tentang Pengadilan Pajak
Pustaka
:
http://www.pajakonline.com/engine/learning/view.php?id=624
0 comments:
Post a Comment